PustakaBersama: baca, pikir, bagi


6 perpustakaan
54903 buku

kata yang dicari


pencarian menurut


di perpustakaan


Yahoo Messenger: perpustakaan_freedom
Mohon maaf
Perpustakaan Filsafat UI
koleksinya dipindahkan
ke Perpustakaan
Universitas Indonesia

Tentang PustakaBersama

Mohon maaf, saat ini Perpustakaan Utan Kayu tidak bisa diakses untuk umum dan hanya dapat diakses oleh komunitas Utan Kayu.

Berawal dari keinginan para praktisi pers dan tokoh prodemokrasi (Goenawan Mohamad, Marsillam Simanjuntak, Soedjatmoko, T Mulya Lubis, dkk) untuk memiliki suatu pusat dokumentasi dan informasi yang mampu menunjang aktivitas mereka, muncul kesepakatan lisan untuk mendirikan sebuah perpustakaan yang mengintegrasikan seluruh koleksi mereka pada tahun 1999.

Insitut Studi Arus Informasi (ISAI) sebuah lembaga berdiri pada tahun 1995 dan bergerak memperjuangkan kebebasan pers dan berekspresi sebagai salah satu dari inisiator, mendapat tugas untuk menyediakan tempat sekaligus SDM bagi perpustakaan tsb.

Sayangnya, karena berbagai sebab, terutama kesibukan para individu dan lembaga yang terlibat dalam kesepakatan awal tadi, rencana mengintegrasikan koleksi bahan pustaka kerap kali tertunda.

Dalam perkembangannya, perpustakaan yang kemudian dinamakan Perpustakaan Utan Kayu (PUK), bergerak mengintegrasikan koleksi cetak dan non cetak dari seluruh unit kerja yang tergabung dalam Komunitas Utan Kayu.

ISAI, Jurnal Kebudayaan Kalam, Teater Utan Kayu, Radio68H, serta terakhir Jaringan Islam Liberal mengintegrasikan koleksi mereka disini.

Kendala keterbatasan tempat dan SDM menjadikan penambahan koleksi dilakukan secara selektif. Kondisi itu pula yang menyebabkan PUK belum membuka layanan peminjaman untuk pengguna dari luar Komunitas Utan Kayu. Pengguna umum dapat mengakses koleksi cetak di tempat, mulai jam 09.00 pagi hingga 17.30 sore.

Dengan koleksi sejumlah 3,700 judul, kekuatan PUK terletak pada kekayaan literatur di bidang sastra, filsafat dan budaya, selain itu perpustakaan yang terletak di bagian depan lt I Gedung 13-14 Mei 1998 ini juga terhitung sebagai pemrakarsa pengembangan perpustakaan audio dengan koleksi file audio hasil berbagai liputan, wawancara dan rekaman awak redaksi Radio68H sejak tahun 1999 yang terangkum kedalam kurang lebih 600 keping CD.

Bukan hanya audio, video dalam format VCD, DVD dan VHS juga ikut melengkapi koleksi perpustakaan. Tak kurang dari 300 judul film dalam berbagai format serta 100 keping VCD dokumentasi pementasan yang diselenggarakan Teater Utan Kayu tersimpan disini.

Dengan berbagai keunggulan berikut sejumlah kekurangannya, niat awal membentuk suatu pusat dokumentasi terintegrasi tidak pernah ditinggalkan. Setelah menunggu sekian tahun, PUK mendapat kesempatan untuk memformalkan kerjasama jaringan perpustakaan yang melibatkan perpustakaan CSIS, Yayasan Aksara dan Freedom Institute.

Model kerjasama yang sedikit berbeda dengan niatan awal di tahun 1999, tapi esensinya tetap sama.

Jam Buka Perpustakaan untuk Umum

Hari Senin-Jumat, pukul 09.00-17.30 WIB
Hari besar nasional tutup

PUSTAKA UTAN KAYU (INSTITUT STUDI ARUS INFORMASI – ISAI)

Jl. Utan Kayu 68H Jakarta 13120
Tel. 021-857 3388 Fax. 021-856 7811
Email: office[ at ]isai.or.id
Kontak: Achinks
http://www.isai.or.id