PustakaBersama: baca, pikir, bagi


6 perpustakaan
54903 buku

kata yang dicari


pencarian menurut


di perpustakaan


Yahoo Messenger: perpustakaan_freedom
Mohon maaf
Perpustakaan Filsafat UI
koleksinya dipindahkan
ke Perpustakaan
Universitas Indonesia

« Kembali ke Daftar Berita

Jakarta, 3 Agustus, 2006
Hari ini di Jakarta Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, The Asia Foundation, dan Perpustakaan Kongres Amerika Serikat, Kantor Wilayah Asia Tenggara, menandatangani nota kesepakatan untuk melakukan program kerjasama pustaka. Dalam dua tahun pertama program ini, The Asia Foundation akan mengirimkan lebih dari 50.000 buku bernilai sekitar US $2 juta (Rp18 miliar) kepada perpustakaan enam Universitas Islam Negeri.

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan pertukaran informasi ilmiah antara komunitas akademik di Indonesia dan mahasiswa program kajian Indonesia di Amerika Serikat. Informasi tersebut akan mempermudah akses sarjana di luar Indonesia terhadap penelitian yang dilakukan di Indonesia, meningkatkan akses sarjana Indonesia terhadap penelitian baru yang dilakukan di Amerika Serikat, dan menjalin kerjasama penelitian antar lembaga pustaka di kedua negara.

Penandatanganan nota kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan oleh Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra, Country Representative The Asia Foundation, Douglas Ramage, dan Field Director Perpustakaan Kongres Amerika Serikat, William Tuchrello.

Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra menyambut baik kerjasama ini dengan mengatakan, Adanya kerjasama ini merupakan sumbangan yang berarti dalam rangka mengembangkan koleksi buku perpustakaan utama Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah dan perpustakaan 48 program studi serta perpustakaan Universitas Islam Negeri, Institut Agama Islam Negeri serta Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri yang lain. Buku tersebut akan menyediakan buku dan jurnal ilmiah yang mutakhir untuk para mahasiswa dan lulusan lembaga tersebut dalam berbagai bidang.

Dibukanya program-program studi di bidang selain ilmu agama di universitas Islam negeri akhir-akhir ini menunjukkan adanya kebutuhkan pada pengembangan perpustakaan serta diperluasnya akses terhadap hasil riset mutakhir dari luar Indonesia untuk mahasiswa di lembaga-lembaga tersebut. Setelah perpustakaan di enam Universitas Islam Negeri tersebut cukup berkembang, kerja sama ini akan diperluas untuk melibatkan Institut Agama Islam Negeri dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.

Country Representative The Asia Foundation Douglas Ramage menambahkan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah memiliki kerja sama baik yang telah cukup lama dengan The Asia Foundation dan merupakan salah satu dari universitas terkenal di Indonesia. Hasil riset universitas dan institut agama Islam negeri mengenai Islam memiliki kualitas yang tinggi sehingga Perpustakaan Kongres Amerika Serikat dan The Asia Foundation dapat menjadikannya sebagai mitra kerja dalam rangka memperluas akses terhadap riset dari Indonesia di bidang ini.

Sebagai tahap awal, The Asia Foundation akan mengirimkan 4.000 buku senilai sekitar US $150.000 (Rp1,35 miliar) ke enam Universitas Islam Negeri pada bulan Agustus 2006. Kemudian menyusul dua kali pengiriman paket per tahun ke UIN dengan masing-masing sebanyak 12 ribu buku untuk didistribusikan ke UIN, IAIN, dan STAIN. Buku-buku tersebut merupakan buku-buku akademik bermutu dan publikasi baru yang disumbangkan oleh perusahaan penerbit Amerika Serikat dan disalurkan melalui program Books for Asia milik The Asia Foundation. Sejak tahun 1954, program Books for Asia telah mendistribusikan hampir 41 juta buku, program-program perangkat lunak, dan materi-materi pendidikan lainnya kepada lebih dari 50.000 institusi di 40 negara.

Sebaliknya, melalui kerja sama ini UIN dan lembaga-lembaganya akan memberikan buku dan jurnal ilmiah dalam bentuk cetakan maupun non cetak yang diterbitkan UIN dan lembaga-lembaganya kepada Perpustakaan Kongres Amerika Serikat.

Direktur Perpustakaan Kongres Amerika Serikat William Tuchrello mengatakan, Universitas dan institut agama negeri telah menerbitkan buku-buku dan jurnal yang bermutu tinggi yang menunjukkan keunggulan penelitian baik yang dilakukan oleh individu maupun lembaga risetnya. Semua ini sangat penting dalam memudahkan para mahasiswa dan peneliti diluar Indonesia untuk dapat mengakses informasi dan gambaran tentang Indonesia yang diperlukan untuk studi mereka.

Terbitan UIN dalam bentuk buku, jurnal maupun media non cetak yang disumbangkan oleh Universitas dan institut agama negeri akan disimpan di Perpustakaan Kongres Amerika Serikat dan juga Pusat Perpustakaan Riset di Chicago. Perpustakaan Kongres Amerika Serikat juga akan mempermudah akses terhadap publikasi tersebut dengan menyediakan versi elektronik dari publikasi tersebut, tegas Tuchrello.

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi:
Dr. Elisabeth Jackson
The Asia Foundation
Telp: (62-21) 72788424
Email: lis@tafindo.org

Tentang Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah merupakan universitas Islam yang terfokus pada keunggulan riset dan bertujuan untuk menghasilkan hasil riset yang bermutu tinggi supaya dapat bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional. Untuk memastikan bahwa lulusannya memiliki keahlian profesional untuk berkerja secara efektif di bidang yang dipilihnya, serta berakhlak mulia, kurikulum memadukan ilmu-ilmu agama dengan sains dan teknologi. UIN Syarif Hidayatullah didirikan pada tahun 1957 sebagai Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA). Pada tahun 1963, berubah menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan pada tahun 2002 menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) yang pertama. Pada tahun 2007, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah akan merayakan Ulang Tahun Emasnya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat: http://www.uinjkt.ac.id.

Tentang The Asia Foundation
The Asia Foundation adalah suatu organisasi swasta, nirlaba dan non-pemerintah yang berupaya untuk memajukan perdamaian, kemakmuran, keadilan, dan keterbukaan di kawasan Asia Pasifik. The Asia Foundation mendukung program-program di Asia di bidang pemerintahan dan hukum, pembaruan dan pembangunan ekonomi, pemberdayaan wanita, dan hubungan internasional. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di Asia, The Asia Foundation bekerjasama dengan mitra swasta dan pemerintah untuk mengembangkan kepemimpinan dan memperkuat kelembagaan, pertukaran dan penelitian kebijakan.

Dengan jaringan 18 kantor di seluruh Asia, kantor di Washington, D.C., dan kantor pusat di San Francisco, The Asia Foundation menangulangi isu-isu tersebut pada tingkat masing-masing negara maupun regional. Pada tahun 2005, The Asia Foundation memberikan lebih dari $61 juta untuk mendukung program-program di bidang yang tersebut di atas dan mendistribusikan 1,1 juta buku dan materi pendidikan seharga $28 juta di seluruh Asia.

Dalam melaksanakan kemitraannya dengan badan-badan pemerintah Indonesia, LSM, organisasi sosial kemasyarakatan, kelompok masyarakat sipil, dan sektor swasta, sepanjang 50 tahun ini The Asia Foundation ikut membantu proses peralihan Indonesia dari negara paska-kolonial yang rapuh menjadi negara demokrasi yang kuat dengan perekonomian yang semakin dinamis. Sejak 1955, The Asia Foundation telah menjadi pendukung utama masyarakat dan lembaga-lembaga di Indonesia, menyesuaikan bantuannya agar selaras dengan keperluan yang senantiasa berubah dengan cepat serta sejalan dengan konteks Indonesia. Sampai saat ini, The Asia Foundation terus memberikan dukungannya kepada prakarsa Indonesia untuk memajukan demokrasi, meningkatkan pendidikan dan pelayanan pemerintah, dan menghapuskan kemiskinan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat: http://www.asiafoundation.org.

Tentang Perpustakaan Kongres Amerika Serikat
Perpustakaan Kongres Amerika Serikat mempunyai koleksi buku terbesar di dunia dengan mengoleksi lebih dari 130 juta publikasi. Koleksi tersebut termasuk lebih dari 29 juta buku dan bahan cetakan lainnya, 2,7 juta bahan rekaman, 12 juta foto, 4,8 juta peta, dan 58 juta naskah. Misi perpustakaan ini sebagai sumber bahan yang penting bagi anggota kongres dan masyarakat AS pada umumnya guna terus mengembangkan pengetahuannya untuk kepentingan mereka dan generasi mendatang. Koleksi perpustakaan ini juga digunakan kalangan kommunitas mahasiswa dan peneliti internasional. Perpustakaan Kongres Amerika Serikat memiliki beberapa kantor perwakilan di luar negeri. Kantor perwakilan di Jakarta ini didirikan pada tahun 1963. Saat ini kantor perwakilan di Jakarta sebagai kantor pusat regional untuk Asia Tenggara dan memiliki kantor juga di Bangkok, Kuala Lumpur, dan Manila. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat: http://www.loc.gov and http://www.locjkt.or.id.